Headlines News :
Home » , » Ganti Rugi Lahan Proyek Tol Cikarang-Cilincing Rampung 2013

Ganti Rugi Lahan Proyek Tol Cikarang-Cilincing Rampung 2013



>Pagu Proyek Menelan Triliunan Rupiah

Kab.Bekasi- Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sangat berkepentingan dengan proyek jalan tol Cikarang-Cilincing yang akan dikerjakan Departemen Pekerjaan Umum pada 2015 mendatang. Pasalnya, tol Cikarang-Cilincing akan mempercepat kemajuan wilayah tersebut. Tahun 2013 ini, pemerintah daerah bekerjasama dengan pusat fokus pada pembahasan soal pembebasan tanah.
"Ya, Departemen Pekerjaan Umum dengan Pemkab Bekasi sedang melakukan anggaran pembebasan tanah kepada warga yang terkena dampak proyek tol Cikarang-Cilincing," ujar Ketua Tim Pembebasan Tanah Departemen Pekerjaan Umum, Wono kepada Suara Karya disela-sela musyawarah warga di Desa Srijaya, Kecamatan Tambun Utara, Selasa (02/5).
Adapun titik wilayah pembangunan jalan tol Cikarang-Cilincing itu meliputi empat kecamatan, diantaranya Desa Wanajaya dan Wanasari, Kecamatan Cibitung. Desa Jejalen, Srimahi dan Srijaya, Kecamatan Tambun Utara. Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Utara dan Kecamatan Tarumajaya.
Wono mengatakan, pihaknya memastikan bahwa pembebasan tanah dan bangunan warga akan rampung pada akhir 2013 mendatang, meski baru satu wilayah di Desa Wanasari sudah sepakat dalam pembebasan tersebut. "Kami masih menunggu kesepakatan warga terkait pembayaran ganti rugi sesuai dengan sistem zona satu hingga tiga," katanya.
Dia menambahkan proyek jalan tol Cikarang-Cilincing ini sepanjang 29 kilometer yang dimulai dari wilayah Cibitung hingga perbatasan Tarumajaya dengan Jakarta Utara. "Sedangkan Pagu pembebasan lahan-nya mencapai 3,6 triliun," paparnya.
Pembangunan Jalan Tol Cikarang-Cilincing sudah direncanakan sejak 1993 lalu. Pembangunan dengan investor asal Malaysia tersebut tidak akan mengubah tata ruang Kabupaten Bekasi. Nantinya jalan tol itu dengan lebar sepanjang 60 meter akan mengurangi kemacetan. (yudi/dha)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. zonapantau news - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger